Melestarikan Bahasa Sasak

10:24 PM , 0 Comments


Indonesia terdiri dari beribu-ribu Pulau yang terbentang mulai dari Sabang di Barat hingga Marauke di timur kesemuanya tergabung dalam negara kesatuan Rebublik Indonesia, walaupun berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua, satu bahasa, satu bangsa, satu tanah air, yang berdiri tegak diatas 4 Pilar kebangsaan yaitu : UUD, NKRI,Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila.
Tidak seperti di sebagaian negara-negara lainnya memiliki hanya satu suku, dan satu bahasa sehingga memudahkan masyarakatnya didalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya, berbeda dengan negara kita Indonesia yang kaya akan suku, ras, budaya, dan bahasa yang mencapai ribuan macam bahasa, tentunya akan menyulitkan untuk saling berinteraksi antara pulau yang satu dengan yang lain.
Maka Oleh karena itu pemerintah Indonesia sejak kemerdekaannya tahun 1945 menetapkan satu bahasa nasional yang bisa dimengerti diberbagai pulau di Indonesia yaitu Bahasa Indonesia, itulah bahasa pemersatu kita. Bahasa nasional ini memberikan dampak positif dan juga memberikan dampak negatif akan keberlangsungan bahasa daerah, yang lambat laun  akan menyebabkan bahasa daerah akan punah dan hanya tinggal sejarah.

0 comments:

Terima kasih atas komentar anda