Peringatan Hari Pahlawan Di Balai Kota Malang

10:57 AM 0 Comments



Pada akhir kepengurusan saya sebagai Ketua Umum LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Unmer dan saat itu juga baru menjabat sebagai Menteri Agama Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas, saya mendapatkan sebuah undangan yang cukup terhormat bagi saya, karena undangan tersebut langsung ditandatangani oleh Walikota Malang Drs.Peni Suparto M.AP, saya beserta rombongan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas bersama-sama berangkat dengan Bus Unmer menuju ke Balai Kota Malang yang jaraknya dari kampus kurang lebih 3 Km dimana tempat upacara hari Pahlawan diselenggarakan. 

Pada upacara ini diikuti oleh semua elemen bangsa yang ada di Kota Malang, seperti halnya dari kalangan Pelajar,Mahasiswa, PNS, DPRD, organisasi massa, dan juga dari kalangan veteran. Dalam upacara hari pahlawan tersebut, Wakil Walikota Malang, Drs. Bambang Priyo Utomo, BSc bertindak sebagai pemimpin upacara. Dalam pidatonya, Wawali membacakan amanat menteri sosial RI, yang petikannya berisi, Upacara hari pahlawan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang pendahulu kita, sejalan dengan ungkapan salah seorang the founding fathers kita yang menyatakan bahwa "...hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar..."

Undangan dari Mahasiswa ternyata hanyalah diikuti oleh dua Universitas Besar yang ada di Kota Malang yaitu Universitas Merdeka Malang dan Universitas Negeri Malang, baru sampai di gerbang Kota Malang kami langsung disambut denga hangat oleh penerima tamu Balai Kota dan langsung dipersilahkan duduk di kursi terdepan berdampingan dengan para pejabat-pejabat yang ada dilingkungan Kota Malang.

Berfose Setelah Upacara


Sobat-sobatku Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan rangkaian perjuangan panjang, adalah merupakan peristiwa heroik karena memerlukan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negara baik jiwa, raga maupun harta dalam merebut dan mempertahankan Republik Indonesia, kemudian peristiwa tersebut diperingati sebagai hari pahlawan.

Oleh karena itu, hari pahlawan seperti yang kita peringati pada hari ini disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang yang telah mendahului kita, juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian mengemplementasikan dan mendaya-gunakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya.

Semangat kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan/pejuang dalam pertempuran 10 November, hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI.

Selain itu, peringatan hari pahlawan tahun 2011 yang mengangkat tema "Dengan semangat kepahlawanan, kita bangun karakter bangsa”. Kiranya juga dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan prilaku para pahlawan kusuma bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan pancasila dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Untuk itu marilah kita gelorakan semangat kepahlawanan dengan dilandasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain serta keutuhan negara kesatuan republik Indonesia dapat terus terjaga.

Oleh karena itu, marilah kita peringati hari pahlawan dengan khidmat dan semarak dengan lebih mengedepankan upaya-upaya untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat khususnya generasi muda, dengan melibatkan semua unsur masyarakat dan komponen bangsa.
Merdeka................!!!!!!!!!

0 comments:

Terima kasih atas komentar anda