Mengenal Lebih Dekat Kota Malang (1)

3:44 AM , 2 Comments

Kali ini saya akan mengajak sahabat Blogger untuk jalan-jalan di Kota Malang, Kota Malang terkenal dengan sebutan Kota Bunga yang sejuk dan dengan tata kota yang asri, sebenarnya banyak sebutan untuk kota ini diantaranya adalah Kota Pendidikan Internasional (Karena banyaknya kampus), Kota Pesiar (karena kondisi alam yang elok menawan, bersih, sejuk, dan tenang), Paris of Java (Karena kondisi alamnya yang indah, sejuk, inilah parisnya jawa timur), dan banyak lagi sebutan/gelar yang disandang oleh Kota ini. Tapi karena pertumbuhan ruko dan apartemen yang demikian pesatnya membuat Kota ini terasa lebih panas tidak seperti kondisinya yang dulu yang terkenal dingin.

Sebenarnya saya sudah lama tinggal di kota Malang dalam rangka menuntut ilmu di Universitas Merdeka Malang, tapi ini adalah tulisan pertama saya tentang Kota Malang berhubung karena pernah menjadi guide bagi teman-teman saya yang datang dari Pondok Al-Amin Madura untuk liburan awal tahun, akhirnya saya pun mengajak para tamu terhormat saya untuk jalan-jalan ke ikon-okon terkenal Kota Malang, diantaranya adalah ke Alun-alun Kota, dan Bundaran Tugu Balai Kota. 

Gapura Universitas Merdeka Malang

Saya mencoba mengajak para tamu terhormat saya untuk naik Angkutan kota supaya mereka mengetahui jalur beberapa angkutan di Kota ini, berangkat dari depan gapura kampus, kami naik angkot MM (Merjosari-Mergan), angkot MM adalah salah satu angkutan yang melewati bundaran tugu kota sebagai tujuan pertama kami, dengan melewati MOG (Mall Olympic Garden) sambil memperkenalkan kepada tamu saya bahwa MOG merupakan Mall terbesar di Malang, selanjutnya kami pun melewati alun-alun kota yang sudah ramai dengan pengunjung dan masyarkat yang berbelanja di Ramayana depan alun-alun.Akhirnya kami pun tiba di Tugu Kota Malang.

Sejarah Tugu Alun-Alun Bundar
Tugu adalah bangunan kuno peninggalan jaman kolonial Belanda. Monumen tugu adalah eks taman JP Zoen Coen yang di kelilingi kolam dan di tumbuhi Lily air serta di kelilingi oleh pohon Trembesi raksasa yang berusia sangat tua. dan berikut adalah sejarah singkat Tugu Kota Malang yang saya dapatkan dari pelang yang dipasang didalam area taman Tugu berikut petikannya :
"Pada 17 Agusutus 1946  diletakkan batu pertama sekaligus ditempatkan Oorkonde (prasasti) dalam fondamen pembangunan tugu peringatan proklamasi di Malang yang ditanda tangani oleh Dulaenowo sebagai wakil gubernur jawa timur, Mr.Suenarko sebagai residen Malang dan Ag Soeroto sebagai ketua panitia pembangunan tugu. Di saat pembangunan tugu mencapai 95% terjadi Clash I yang memaksa pembangunan dihentikan. Keyakinan yang berkembang di masyarakat pada saat itu selama tugu peringatan proklamasi masih berdiri, maka perjuangan arek-arek Malang tidak akan terpatahkan. keyakinan itu justru berubah petaka sesaat setelah tentara Belanda mendengarnya, tugu tersebut dihancurkan pada tanggal 23 Desember 1948 hingga tinggal pondasinya saja. Setelah perang usai, kedaulatan kembali ke pemerintah Malang kemudian dibentuk kepanitiaan untuk membangun kembali tugu yang telah hancur. Begitu pembangunan selesai, tugu tersebut diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno tanggal 20 Mei 1953 dengan nama tugu Nasional"

Luar biasa ya..... ternyata tugu ini memiliki sejarah yang panjang dan dipertahankan dengan pengorbanan darah para pejuang arek-arek Malang pada zaman itu, akhirnya sekarang tugu yang lokasi terletak di depan depan balai kota dan gedung DPRD itu bisa kita nikmati dengan suasana yang sejuk, asri dan nyaman, maka tidak heran banyak dari masyarakat terutama muda-mudi memilih tempat ini untuk foto-foto dan melepas kelelahan dari aktivitas.
Tugu Kota Malang
Saya dan para santri hafidz Qur`an
  
Rambutku ternyata Panjang juga ya... | nah dibelakangnya itu ada Balai Kota
Setelah puas narsis-narsisan di Bundaran Tugu, kami lanjutkan perjalanan ke Stasiun Kereta Api yang tidak jauh dari bundaran Tugu dan bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki. Tapi eits,................Perlu saya ingatkan kalau nyebrang perlu ke hati-hatian karena banyak kendaraan yang melewati bundaran. 

Patung Perjuangan Arek-Arek Malang | Depan Stasiun KA

Stasiun KA Kota Baru Malang

Stasiun Kota Baru Malang atau Stasiun Malang Kotabaru merupakan stasiun kereta api (KA) terbesar di Malang yang berada di pusat kota yang letaknya kurang lebih  400 meter dari Balai kota. kami pun masuk ke stasiun ini sambil melihat-lihat harga tiket Malang-Surabaya karena teman-teman rencananya ingin pulang menggunakan kereta api, situasi didalam stasiun pada saat kami datang terlihat sepi karena mungkin tiketnya sudah habis terbooking, dalam hati saya berkata : "ini adalah salah satu gebrakan dahlan iskan untuk merapikan sistem yang ada pada PT.KA untuk menghindari kriminalitas diatas KA karena over loadnya penumpang, jadi tidak ada lagi penumpang yang tidak mendapatkan kursi", sebuah pelajaran, kalau sahabat bloggers berencana menggunakan jasa Kereta Api alangkah baiknya  terlebih dahulu memesan tiket sebelum berangkat.
Setelah puas melihat-lihat stasiun kereta api (maklum teman-teman saya belum pernah sama sekali melihat stasiun apalagi naik kereta api,...hehehehe Katroook), kami pun melanjutkan perjalanan untuk melihat Asrama Mahasiswa Lombok (karena memang teman-teman dan termasuk saya asli lombok 100%), letak asrama Lombok ini tidak jauh dari stasiun Kota Baru sehingga untuk menjangkaunya cukup dengan jalan kaki, tepatnya asrama Lombok berlokasi di Jl.Pattimura nomor 61.
Asrama Mahasiswa Lombok di Malang
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Alun-Alun Kota Malang, Alun-alun ini juga disebut dengan Alun-alun Jami' karena letaknya tepat di depan Masjid Jami' yang merupakan masjid kebanggaan warga Malang. alun-alun ini merupakan salah satu satu ikon Kota Malang, yang tidak pernah sepi dari pengunjung dari berbagai daerah disekitar Malang Raya, karena letaknya yang sangat strategis dipusat perkotaan dan dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Ramayana, Gramedia, Sarinah, Malang Plaza,Pasar besar dan juga dekat dengan kantor instansi pemerintah seperti kantor kabupaten Malang (saat ini kantornya masih belum dipindahkan, dan rencananya akan dipindahkan ke kepanjen) Bank Indonesia Malang, dan fasilitas--fasilitas umum seperti kantor Pos, Masjid Raya,dan Gereja.
Dengan taman-taman bunga yang tertata rapi, pepohonan yang rindang dan ada kolam air mancur ditambah lagi dengan burung-burung merpati membuat taman ini begitu indah dan asri.
 
Foto ini diambil dari halomalang.com|karena kehabisan batre kamera





Karena tamu-tamu saya belum pulang, rencananya besok saya akan mengajak mereka lari pagi ke Museum brawijaya dan sambil mencari oleh-oleh di Pasar Wisata Tugu di stadion luar gajayana. 
sampai ketemu dengan tulisan saya berikutnya ya,.....

2 comments:

  1. sekolahnya dimana?

    ReplyDelete
  2. http://paketsamui.blogspot.com/ paket tour ke Koh Samui Murah dan Lengkap

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda