Membongkar Isi Dalam Remot Televisi

11:23 PM 5 Comments

Bismillahirrohmanirrohim


Kota Malang.  Tangan kita mungkin sudah sangat reflex dengan tombol-tombol yang dalam remot TV,  Remot tersebut anda pergunakan untuk mengganti berbagai channel yang sudah tersedia. Baiklah sekarang kita akan membedah apa yang ada didalam remot TV.


Remote control menggunakan LED (Light Emitting Diode) infra merah yang berfungsi sebagai pengirim (transmitter) pola sinar infra merah. LED infra merah adalah sejenis lampu kecil yang memiliki dioda yang akan memancarkan cahaya infra merah apabila diberi arus. Kemudian sinar yang dipancarakan oleh sinar Infra merah (apabila diarahkan ke Objek Televisi) akan diterima oleh Receiver pada Televisi. Receiver yang digunakan adalah sebuah foto transistor infra merah. Jika pola sinyal infra Red yang diterima bersesuaian dengan salah satu instruksi, seperti instruksi menaikkan volume suara pada pesawat televisi, maka volume suara pesawat televisi tersebut akan dinaikkan. Jika pola sinar infra merah yang dibaca tidak dapat dikenali maka pesawat televisi akan mengabaikannya. Hal ini mungkin saja terjadi jika sebuah pesawat remote control untuk peralatan lain yang berada tidak jauh dari pesawat televise tersebut sedang digunakan. Bentuk kode sinyal tersebut untuk masing-masing tombol tergantung kepada perusahaan produsen peralatan elektronika.


Apabila anda membuka tutup dibelakang Remot maka anda akan menemukan papan sirkuit (yang berisikan berbagai komponen elektronik) dan kotak tempat baterai. Pada sirkit teresebut anda Akan menemukan Chip TA11835 (pada umumnya remot menggunakan Chip ini), chip ini memiliki 18 Pin ganda, Di sebelah kanan chip, Anda dapat melihat dioda, transistor (hitam, dengan tiga kaki), resonator (kuning), dua resistor (hijau) dan kapasitor (biru tua). Sebelah kontak baterai ada resistor (hijau) dan kapasitor. Di sirkuit ini, chip dapat mendeteksi ketika tombol ditekan. Ini kemudian diterjemahkan menjadi sesuatu seperti kode morse, dengan urutan yang berbeda untuk setiap kunci yang berbeda. Chip mengirimkan sinyal ke transistor untuk memperkuat sinyal.



Selanjutnya cobalah anda buka /dibalik papan sirkuit remot anda, anda dapat melihat jalur-jalur elektronik dari fiber glass yang dipatri dengan tembaga, itulah yang menghubbungkan kompenen elektronik satu dengan lainnya.
Anda juga dapat melihat serangkaian titik kontak untuk tombol. Tombol itu sendiri terbuat dari lembaran karet tipis. Untuk setiap tombol ada disk konduktif hitam. Ketika disk menyentuh kontak pada papan sirkuit cetak, akan terbaca oleh chip


Pada ujung papan sirkuit terlihat LED (Light emiting Diode) yang akan memancarkan sinar infra merah. Sinyal infra merah yang dikirimkan oleh remot tidak akan dapat dilihat oleh mata kita, karena sinar infra merah tidak termasuk gelombang elektromagnetik pada spectrum cahaya tampak. Maka apabila anda ingin melihat sinar infra merah itu seperti apa…, cukup hanya menyiapkan kamera handphone kemuadian remot TV diarahkan ke arah kamera hanphone dengan memencet salah satu tombol remot.

Jadi, Sistem kerja yang terdapat pada remot pesawat televisi adalah :

Apabila tombol remot ditekan :
1.            Chip akan menerima instruksi dari tangan anda yang menekan tombol
2.            Kemudian Transistor akan memperkuat sinyal yang anda berikan
3.            Dan transistor mengirim informasi ke LED,
4.            Kemudian LED akan memancarkan sinar infra merah, dan akan
          diterima oleh   receiver yang ada pada pesawat televise.

Yapz,…demikian yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat,
Wallohu a`lam bisshowab.

Referensi :  
www.howstuffworks.com

5 comments:

  1. I am not positive the place you are getting your information, however great topic.

    I must spend a while finding out much more or understanding more.
    Thank you for wonderful info I was in search of this info for my mission.


    Here is my blog :: professional seo company

    ReplyDelete
  2. Remote control tv saya jatuh dan LED-nya terlepas hilang. Apakah bisa diganti dengan LED sembarang? Atau, apakah ada kode LED tertentu?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda