Ayo Ke Perpustakaan..!!!

Perpustakaan Pusat Universitas Merdeka
Sahabat Blogger, kali ini saya akan mengajak sahabat untuk mengunjungi perpustakaan yang paling sering saya kunjungi yaitu Perpustakaan Pusat Universitas Merdeka Malang. Sebelum kita masuk ke lorong-lorong yang sesak dengan banyaknya berbagai koleksi buku marilah kita mencari tahu tentang apa itu perpustakaan.
 
Menurut literatur dari wikipedia.org , perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Sebagian besar yang menyediakan fasilitas perpustakaan selain pemerintah adalah lembaga-lembaga pendidikan seperti lembaga pendidikan tinggi atau Universitas dan sejenisnya. kita akan mendapatkan perpustakaan dengan koleksi buku yang sedemikian banyak di perpustakaan-perpustakaan kampus. Di Universitas Merdeka Malang contohnya, selain memfasilitasi Mahasiswanya dengan Perpustakaan di masing-masing jurusan juga memiliki perpustakaan Pusat tingkat Universitas, yang terletak di Jl. Terusan Halimun No.11B, Malang (Belakang Fakultas Ekonomi).
Banyak hal yang bisa didapatkan dari perpustakaan, selain untuk memperkaya khazanah pengetahuan juga bisa menambah kenalan, networking dan lain sebagainya yang didapatkan lewat berbagai event yang dilaksanakanakan seperti Diskusi, Talk Show, Seminar, dan lain sebagianya yang diadakan oleh perpustakaan.
Diperpustakaan Universitas Merdeka Malang menyediakan berbagai macam layanan bagi para pengunjungnya diantaranya yaitu : 
  1. Layanan Keanggotaan
  2. Layanan Peminjaman Buku
  3. Layanan Pengembalian buku
  4. Layanan Baca di Tempat
  5. Layanan Kunjungan Berkelompok/Rombongan
  6. Layanan Audio Visual
  7. Layanan Internet
  8. Layanan Penitipan Barang
  9. Layanan Pemutaran Film
  10. Layanan Perpustakaan Digital
  11. Layanan Foto Copy  
  12. DLL 
Perpustakaan yang berlantai dua ini memiliki koleksi buku terlengkap dengan buku berbagai jurusan, majalah-majalah Lokal, Nasional sampai internasional pun ada disini, kumpulan-kumpulan skripsi, kumpulan hasil seminar, kamus berbagi bahasa dan banyak lagi jenis-jenis buku yang bisa dimanfaatkan oleh Mahasiswa, jadi segala apa yang Mahasiswa butuhkan ada diperpustakaan. 
Supaya Mahasiswa tidak susah-susah mencari makanan keluar, perpustakaan juga memfasilitasi Cafe lesehan, sehingga mahasiswa dapat enjoy sambil membaca buku. kalau sudah tiba waktu shalat, perpustakaan ini juga memfasilitasi mushalla yang letaknya diujung dalam perpustakaan.
Apabila Mahasiswa ingin mencari buku, tapi tidak menemukan diperpustakaan, mahasiswa tersebut langsung bisa mengajukan proposal lewat kertas yang telah disediakan disetiap sudut perpustakaan, karena dulu saya pernah buktikan, waktu itu saya sedang mencari buku yang berjudul Rangkaian Listrik I dan II karena buku ini hanya masih tersisasa satu diperpustakaan dan itupun terletak di bagian rak buku tandon yang tidak boleh dibawa pulang, akhirnya saya pun mengusulkan buku yang saya butuhkan tersebut, tiga bulan kemudian saya sudah mendapatkan buku yang saya cari.
Tidak ada ruginya berkunjung ke perpustakaan, anda bisa berkunjung untuk mengisi kekosongan dibangku kuliah atau pada saat jeda mata kuliah. hanya saja tidak banyak Mahasiswa yang hobi untuk membaca, padahal membaca adalah kunci segala ilmu.
Pintu Masuk perpustakaan
  
No Locker yang paling saya sukai untuk menitip tas
Mohon maaf foto-foto yang saya tampilkan diatas kurang berkualitas karena Saya memakai kamere ponsel, mohon dimaklumi.. :-)

0 comments:

Terima kasih atas komentar anda