Idul Fitri 1436 H di Selong LOTIM

10:29 AM , 0 Comments

Shalat Idul Fitri di Selong

Sebagaimana yang telah diumumkan oleh Menteri Agama, bahwa hari raya idul fitri jatuh pada Hari Juma`at tanggal 17 Juli 2015, semarak masyarakat menyambut hari kemenangan sangat antusias diberbagai Kota hingga ke pelosok desa, tak ketinggalan masyarakat selong juga melakukan konvoi di jalanan, guna mengekspresikan kegembiraan mereka.

Pagi harinya kami sekeluarga malakukan Shalat Idul fitri yang dilaksanakan di Taman tugu Selong, taman tugu terletak di sebelah timur Masjid Raya Al-Mujahidin Selong, tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana tahun sebelumnya pelaksanaan shalat idul fitri dilaksanakan di dalam Masjid Raya, kemudian untuk tahun ini dilaksanakan di Taman Tugu. bagi saya pelaksanaan shalat idul fitri di lapangan memberikan suasana yang berbeda dan memang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan di tanah lapang, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang saya kutip dari almanhaj.or.id:

Disunnahkan bagi imam atau wakilnya untuk berangkat menunaikan shalat ‘Ied di tanah lapang dan tidak ke masjid, kecuali karena alasan tertentu. [1]

Dan dikecualikan dari demikian yaitu yang berdiam di Makkah yang semoga Allah tambahkan padanya kemuliaan. Oleh karena itu tidak pernah sampai kepada kita satu (riwayat) pun dari pendahulu mereka, bahwa mereka shalat kecuali di masjid mereka (Masjidil Haram) [2]

Dan dalil shalat dua hari raya di lapangan diantaranya :

[1]. Riwayat yang telah lewat pada hadits Ummu ‘Athiyyah mengenai perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam agar keluar (shalat) ke lapangan.

[2]. Riwayat yang datang dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam jika keluar (shalat) di hari Raya, beliau menyuruh menancapkan tombak, lalu meletakkannya di antara tangannya, lalu ia shalat menghadapnya dan para sahabat (mengikuti) di belakangnya. Hal ini dilakukannya sewaktu bepergian, kemudian para pemimpin mengikuti (sunnah) tersebut.

Dalam riwayat lain, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menancapkan tombak di depannya pada ‘Iedul Fithri dan ‘Iedul Adha kemudian beliau shalat.

Dan dalam riwayat lain :

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat shalat ke lapangan, dan tombak kecil ada ditangannya, ia membawa dan menancapkannya di lapangan, lalu ia shalat menghadapnya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim] [3]

[Disalin dari kitab Bughyatul Mutathawwi’ Fii Shalaatit Tathawwu’, edisi Indonesia Meneladani Shalat-Shalat Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Penulis Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul, Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i]

Diantara pejabat yang hadir bersama masyarakat dalam pelaksanaan idul fitri ini diantaranya adalah :
Bupati Ali Bin Dahlan, Wakil Bupati Choirul Warisin dan sejumlah pejabat dilingkungan pemerintah Lombok timur.

Semoga amal ibadah yang telah kita lakukan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan diterima oleh Alloh SWT, serta menambah ketaqwaan kita kepadaNya.


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H



0 comments:

Terima kasih atas komentar anda