Wisuda Hingga Kuliah

7:08 PM 0 Comments




Rasanya sudah sangat lama tidak aktif menulis lagi pada blog ini, semenjak diwisudanya saya dari program S1 tahun 2014 yang lalu hingga akhirnya saya diterima di program magister teknik elektro Universitas Brawijaya. Mimpi saya sebenarnya ingin melanjutkan study ke  luar negeri, namun takdir berkata lain. Mungkin ini adalah jalan terbaik bagi saya. Kita sebagai manusia hanya bisa berbaik sangka pada sang pencipta (kata seorang ustadz).

Sebelum “diangkat” sebagai mahasiswa magister elektro, terlebih dahulu kita mengikuti kuliah matrikulasi, perkuliahan matrikulasi dilaksanakan setelah surat keputusan tentang kelulusan tes seleksi mahasiswa diterbitkan, perkuliahan matrikulasi diikuti oleh semua mahasiswa yang lolos tes tanpa terkecuali, selama kurang lebih 15 hari mengikuti kuliah matrikulasi, rasanya kuliah ini tampak berbeda dengan di S1, terutama dalam pergaulan social antar sesama teman kelas,  maklum saja banyak diantara teman kelas yang sudah berjenggot, sudah berkeluarga bahkan hingga yang sudah hampir gendong cucu. 

Namun tidak sedikit pula mahasiswa yang masih seumuran dengan saya alias fresh graduate, perlakuan S2 dengan S1 ternyata tidak jauh berbeda, tidak ada toleransi dalam penugasan bagi yang sudah berkeluarga ataupun belum, makanya saya terkadang kasihan melihat teman-teman yang sudah berkeluarga , mereka harus pintar mengatur waktu, antara kuliah kerja dan ngurus keluarga, karena perkuliahan dilaksanakan setiap hari (kecuali hari selasa).

Ada salah seorang kenalan, pekerjaannya adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di JATIM, beliau harus rela berpisah dengan anggota keluarganya untuk beberapa hari bahkan sampai seminggu demi menyelesaikan tugas-tugas akademik. Begitupula dengan tugas mengajarnya di kampus harus ditunda dulu. 

Kuliah S2 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkuliahan S1, hanya saja pada perkuliahan di S2 tugas-tugasnya lebih berbobot. Dan kita memang dituntut untuk lebih aktif lagi membaca buku dan bereksferiment. Kalau tidak begitu maka kita akan mati kutu di dalam kelas.



0 comments:

Terima kasih atas komentar anda